Muslimah Sholehah Dengan Paket Komplit

Menjadi muslimah sholehah itu tak cukup hanya dengan mempunyai banyak ilmu, harus diimbangi dengan mulia nya akhlak. Memang sulit menyamai akhlak para Shahabiyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sudah terjamin surga. Namun, menjadikan mereka role model dalam kehidupan sehari – hari insyaaAllah akan membantu.

Indah di jalan Allah

Apalagi saat kita menyadari, semakin seringnya mencari ilmu kita semakin bahwa ilmu kita hanya setitik dari total luasnya ilmu itu sendiri maka belajar terus menerus lah yang harus diperjuangkan.

Semakin banyak ilmu yang diperoleh, juga tak pantas kalau sampai menjadikan kita berbangga diri. Merasa paling benar dan tak mau di nasehati. Ilmu tanpa akhlak yang baik tak akan berkah. Begitupun akhlak yang mulia tak akan kita peroleh tanpa ilmu, keduanya terikat dan beriringan.

Layaknya pepatah kuno yang kurang lebih berbunyi, padi semakin berisi maka semakin menunduk. Muslimah, bukan tentang seberapa sering kita mampu menasehati sahabat kita. Bukan tentang semakin beraninya kita memberikan peringatan ataupun sekedar berbagi tausiyah. Tapi sudah kah kita yakin bahwa kita pun melakukan apa yang kita sampaikan ?

Apakah kita sudah bisa mengamalkan semua hal yang kita sebarkan? Padahal Allah telah berfirman: ” Mengapa kamu menyuruh orang lain ( mengerjakan ) kebajikan, sementara kamu melupakan dirimu sendiri,”. [QS. Al-Baqarah ayat 44]

Dalam surat lain Allah juga berfirman: “ Wahai orang – orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? ( Itu ) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa – apa yang tidak kamu kerjakan.” [QS. As-Saff ayat 2-3] Kurasa ayat – ayat tersebut cukup menjadi tamparan. Membagikan ilmu dibarengi memperbaiki diri sendiri lebih Allah sukai.

Mencari, menyebarkan dan mengamalkan ilmu sudah menjadi paket komplit. Akan terjadi ketidaksingkronan jika tak dilakukan salah satu. Tak jarang kita merasa canggung atau heran dengan perubahan sikap sahabat kita, semakin dia mencari ilmu semakin baik pula perilaku dan tutur katanya.

Beruntunglah dia karena ilmu telah berhasil merasuki hatinya, sehingga bertambahnya ilmu maka bertambah pula derajat akhlak baiknya. Muslimah sholehah seperti inilah yang mudah sekali ku cemburui. Tak merasa cukup apalagi berbangga diri.

Tak acuhkan sahabatnya karena merasa lebih berisi. Meskipun bisa saja tampil meninggi, dia lebih memilih merendahkan hati. Memang khilaf sering datang mengundang diri haus akan pujian, namun itu hal wajar. Istighfar insyaaAllah cukup untuk mengalihkan hati dari kesombongan. Muslimah sholehah, ilmu tak akan bermanfaat jika tak diamalkan.

Mengamalkan ilmu sendirian akan terasa menjenuhkan, makadari itu perlu dibagikan. Tapi ilmu yang kita bagi tak akan sampai dengan sempurna jika tak diiringi akhlak yang mulia Wallahu a’lam bisshowab. Semoga sedikit tulisan ini bisa menjadi pengingat untukmu dan tentu untuk diriku sendiri, karena bukan aku lebih baik, justru aku ingin mengajakmu menjadi baik sama – sama.

Mari kita berjuang membuat para bidadari di surga cemburu dengan ilmu dan akhlak yang kita punya 🙂

 

Muslimah Sholehah Dengan Paket Komplit
4.5 (90%) 2 votes

0 comments
Profile Status
ACTIVE