Kriteria – kriteria Jodoh dalam Islam

Selamat siang sobat dije, gimana nih kabar sobat dije semua? Semoga sobat dije selalu berada di dalam lindungan Allah SWT ya. Sobat dije, kali ini dije akan membahas mengenai jodoh dalam islam. Sobat dije udah tau belum kriteria – kriteria jodoh dalam islam?

jodoh dalam islam

Yuk buat sobat dije yang mau tau gimana ajasih kriteria – kriteria jodoh dalam islam simak di bawah ini ya dan semoga kriteria – kriteria jodoh dalam islam bisa membantu sobat dije semua untuk menemukan belahan jiwa dari sobat dije hehehe…

  1. Bersahaja

Perhatikan cara si dia dalam mengobrol, dalam tertawa, dalam cara berpakaian, caranya dalam makan dan juga minum. Lihat dan perhatikan lah jika ada perilaku spontan yang ia lakuka dan kelihatan tidak natural seperti di buat – buat makan disitu dia sedang berakting. Kadang – kadang kita pun bisa merasakan hal ini secara langsung karena sifat peka yang kita miliki. Namun apabila dia bersikap bersahaja dan terlihat natural serta apa ada nya, maka mungkin Allah telah memberikan tanda kepada kita untuk menunjukkan bahwa ia adalah jodoh kita maupun sebaliknya.

  1. Nyaman ketika bersamanya

Perasaan nyaman yang dimaksutkan disini adalah walaupun kita selalu bersama dan bertemu dengannya namun tidak ada perasaan bosan yang datang menghampiri. Tidak ada perasaan bosan, jenuh, terpaksa, atau pun tertekan di dalam hati dan juga diri kita. Selalu merasa nyaman ketika saat bersama dengannya. Biarpun siang atau pun malam, akan terasa ada sesuatu yang hilang ketika kita tidak sedang bersamanya.

  1. Menerima apa adanya

Semua masa yang membahagiakan atau pun masa lalu kelam yang pernah kita lakukan dan terjadi kepada kita dia tidak akan mempermasalahkannya. Karena mungkin dia sudah tahu dan mengerti serta tidak ingin mengungkit kisah masa lalu kita dengan kekasih yang sebelumnya. Yang terpenting bagi dia adalah kamu yang sekarang, diri kita yang sekarang. Yang terpenting bagi dia adalah yang penting anda sudah menjadi milik dia sekarang. Dia pun tidak menyimpan rahasia apapun kepada kita tentang masa lalu nya dahulu karena ia sudah bersedia terbuka dengan dan bersedia menjadi pendamping hidup kita.

  1. Bersikap Jujur

Si dia tidak akan menceritakan hal apapun kepada orang lain asalkan hal tersebut tidak menyalahi aturam hukum dan juga aturan agama. Sikap jujur yang dia berikan itu pun bisa menarik hati kita ketika kita melihatnya. Kita tidak perlu khawatir jika kejujuran telah berada di dalam sepenuh hatinya. Kejujuran yang diimabngi dengan kesetiaan akan membuahkan suatu cinta yang amat sejati dan akan membuahkan keharmonisan juga terhadap hubungan yang sedang kita jalani.

  1. Saling Percaya

Setiap orang pasti memiliki rahasia yang disimpan untuk senidiri. Namun terkadang ada juga kalanya dimana rahasia tersebut harus  kita beritahukan kepada pasangan hidup kita (rahasia yang hanya perlu diketahui saja) supaya dapat mengurangi beban hidup yang kita tanggung. Karena dengan berbagi kita semua akan bisa menjadi lebih baik dan lebih lega dalam menajalani suatu hubungan. Bagi mereka yang berjodoh, sifat saling percaya tersebut akan timbul dari hati nurani masing – masing dengan sendiri nya seiring waktu dan hubungan berjalan. Karena bukti dari cinta sejati itu juga sediri adalah sebuah kepercayaan, kejujuran, serta kesetiaan. Dan berbahagialan orang – orang yang memiliki semua itu.

  1. Saling bekerjasama

Bagi kita yang ingin memiliki hubungan cinta yang langgeng dalam jangka yang panjang, kita perlu saling bekerja sama untuk menjalani hubungan ini. Kita dan kekasih kita perlu bekerja sama untuk melakukan perkara – perkara kecil hingga perkara – perkara besar sekalipun. Kita bisa saling meringankan tugas masing – masing. Namun ada hal yang paling penting yaitu kita dan pasangan dapat melalui semua masalah – masalah yang ada bersama – sama. Dan yang penting juga kita selalu bahagia melakukan hal ini bersama – sama karena ini semua akan mempengaruhi hingga hubungan di masa depan nanti.

  1. Dia Memahadi Diri Kita

Bagi pasangan yang sudah menemukan jodoh dalam islam atau yang sedang mencari jodoh dalam islam kita pun perlu mengetahui sifatnya apakah dia adalah orang yang memahami diri kita atau tidak. Seperti contohnya ketika kita sedang dilanda kesedihan, akankah dia menjadi seorang yang akan menghibur kita. Dia pun akan selalu ada bersama dengan kita dalam kondisi apapun. Dia pun bersedia untuk bersama dengan kita dalam kondisi atau keadaan suka dan duka yang menghampiri kita. Bila dia sudah melakukan itu semua dan dia selalu berada didalam kondisi apapun bersama kita, maka sudah dipastikan ini lah cara Allah menunjukkan kepada kita bahwa dia adalah jodoh kita.

  1. Menceritakan tentang Kelemahan Kita

Tidak ada satu orangpun yang sempurna di duni ini, adalah sebuah kebohongan besar jika suatu pasangan mengatakan bahwa dia adalah pasangan atau seseorang yang sempurna di dalam hidup ini. Pasti selalu ada kelemahan atau keburukan yang kita miliki didalam diri kita ini. Jika dia memang benar – benar pasangan sejati hidup kita atau jodoh dalam islam untuk kita maka dia tidak akan sungkan – sungkan untuk menceritakan kelemahan dan juga keburukan yang dia miliki. Bahkan dia juga tidak akan malu untuk memperlihatkan salah satu sifat buruknya kepada kita. Contohnya jika dia jarang mandi dia akan jujur kepada kita.

  1. Shalat Istikharah dan Tawakkal

Jodoh dalam islam dan pertemuan kita dengan jodoh dalam islam kita itu semua sudah merupakan takdir dari Allah SWT. Kita sebagai manusia hanya bisa untuk berusaha di dunia ini dan juga menjalankan skenario yang telah di tuliskan oleh Allah SWT. Ada kalanya kita dijadikan Allah sebagai pemeran utama, yang dimana Allah menunjukkan tanda – tandanya melalui mimpi – mimpi kita. Semua hal yang kita lakukan di dunia ini adalah untuk kebahagiaan kita dan orang – orang di sekitar kita, namun ketika kita menjalani semua itu berserahlah kepada Allah SWT dan teruslah berdoa. Dan ingatlah nikmat di dunia ini hanyalah nikmat yang sementara dan yang terpenting adalah nikmat di akhiratlah yang kekal dan abadi untuk selamanya.

Nah gimana nih sobat dije artikel tentang jodoh dalam islam? Semoga artikel ini bisa membantu sobat dije yang ingin mencari jodoh dalam islam untuk hidup kita. Semoga Allah SWT juga selalu mendekatkan kita kepada jodoh dalam islam yang telah Allah SWT kehendaki bagi kita ya. Berdoa dan mohonlah kepada Allah agar dipertemukan dengan jodoh dalam islam yang terbaik bagi Allah kepada kita, selalu berharaplah hanya kepada Allah SWT karena Allah SWT tidak akan pernah membuat kita kecewa.

Kriteria – kriteria Jodoh dalam Islam
4.8 (96%) 5 votes

Profile Status
ACTIVE