Hijrah Adalah Pilihanku

Assalamulaikum wr wb

Kisah hijrahku ini adalah kisah nyata yang benar-benar terjadi kepadaku. Kutuliskan kisah ini semoga bisa menjadi inspirasi yang positif untuk ukhti-ukhti yang sedang berpikir apakah aku harus hijrah atau mengikuti fashion sesuai perkembangan zaman?

Bismillahirrahmanirrahim.

Awalnya aku adalah gadis dengan usia 18 tahun yang berhijab namun belum sesuai dengan apa yang tertulis di dalam Al-Qur’an


Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab:59)
Kala itu sebelum aku aktif dalam organisasi LDK di kampusku, sebelum aku mengenal Islam yang sesungguhnya, sebelum aku dipertemukan Allah SWT dengan muslim dan muslimah yang sama-sama istiqamah di jalan-Nya, aku bukanlah aku yang saat ini. Aku yang dulu adalah aku yang kurasa aku terlihat buruk dikalangan organisasi yang aku ikuti.

Apa itu LDK? LDK adalah Lembaga Dakwah Kampus atau biasa yang kita kenal sebagai ROHIS atau Rohani Islam. Semua yang telah ditetapkan oleh Allah bukanlah suatu kebetulan saja. Itu semua ditetapkan oleh-Nya karena ada suatu tujuan atau hikmah di baliknya.

Allah menetapkanku sebagai wakil dari organisasi LDK di kampusku. Aku yang bukan ahli agama, aku yang kurasa buruk dan tak layak menjadi wakil dalam organisasi ini, aku yang ternyata di pilih Allah dengan maksud dan tujuan lain. Berjalanlah organisasi ini sampai pada saatnya Allah mempertemukanku dengan muslim dan muslimah dari kampus lain yang mereka adalah aktivis muslim juga di kampusnya dan mereka juga adalah bagian dari perjalanan hijrahku ini.

pilihanku

Pertemuan pertama, rasanya aku canggung sekali, melihat hijabnya yang menutupi dada, wajahnya yang bercahaya, tuturkatanya yang bahkan aku wanita merasa senang mendengarnya saat mereka berbicara. Akhlaknya cantik dari dalam sehingga terpancar keluar bersamaan dengan penampilannya yang sederhana namun membekas dan menggoda. Aku salaman dengan mereka. Sampai akhirnya mereka mengajakku berbicara, ngobrol ini itu, singkat cerita, akhirnya kami berpisah, dan Masya Allah! Mereka menyalamiku dan mencium kedua pipiku bergantian, sontak aku terkejut dan tertegun seketika. Karena sebelumnya aku tak pernah melakukan ini pada teman-temanku ketik kami akan berpisah atau bahkan ketika kami bertemu dengan sengaja, padahal mereka baru kali pertama bertemu denganku.

Pertemuan kedua, aku mendatangi acara yang dibuat oleh PUSKOMDA FSLDK SOLORAYA aku ingat betul acara itu adalah acara santunan anak yatim-piatu yang diadakan pada hari Minggu di Car Free Day daerah tempatku menggali ilmu sekarang ini. FSLDK adalah Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus yak benar sekali isinya adalah aktivis aktivis muslim dari berbagai kampus di SoloRaya. Pada pertemuan kedua ini, aku mengenakan pakaian yang menurutku layak, namun ternyata masih belum layak. Aku mengenakan hijab sedikit lebih panjang dari biasanya, dan aku menggunakan 2 lapis hijab seperti mereka para muslimah yang tergabung dalam acara tersebut, dan ternyata hijabku masih kurang panjang untuk benar-benar menutupi dada. Aku menggunakan celana jeans, sedang mereka para muslimah menggunakan rok dan baju gamis. Aku merasa sangat buruk diantara mereka, aku merasa canggung dan sekaligus merasa sangat salah kostum.

Pertemuan ketiga, aku mendatangi acara yang mengumpulkan mereka para aktivis dakwah kampus di suatu kampus yang latar belakangnya adalah kampus khusus untuk orang-orang muslim. Disana, aku mengenakan pakaian selayaknya, kali ini ku panjangkan hijabku menutupi dada, tapi sayangnya sampai disana aku kembali lagi menjadi satu-satunya yang memakai celana jeans. Malu dan canggung kembali menghampiriku.

Waktu terus berjalan, aku memilih memperbaiki diri. Aku memperbaiki kewajibanku, sebagaimana mestinya aku mengganti semua celana jeansku dengan rok, dan kini hjabku panjang menutupi dada, shalat 5 waktu selalu ku utamakan, puasa sunnah, shalat sunnah, dan sedekahku mulai aku perbaiki. Aku pilih berhijrah. Aku pilih untuk menjadi Insya Allah lebih baik daripada aku yang dulu.

Sempat menimbulkan banyak hujatan dari orang-orang di sekelilingku saat aku memilih hijrah, mulai dari komentar + sampai –

Untungnya, keluargaku mendukung pilihanku, meski awalnya papaku khawatir bahwa aku terjerumus kedalam aliran sesat atau nantinya aku sulit mencari pekerjaan dengan penampilanku saat ini. Tetapi, aku yakinkan papaku bahwa rezekiku sudah diatur oleh-Nya. Aku tidak takut, jika rezekiku akan tertukar atau diambil oleh oranglain.

Aku tetap berdiri pada pilihanku untuk berhijrah, aku hampir sempat kalah dengan hujatan negative dari orang-orang disekelilingku. Mereka bilang penampilanku seperti seorang ibu-ibu, hijabku terlalu panjang, dan sebagainya.

Pada saat itu aku terus berdo’a kepada-Nya

“Ya Allah Ya Rabb. Jauhkan aku dari orang-orang yang dzalim. Selamatkanlah aku, tunjukkan aku jalan-Mu , jalan menuju Jannah-Mu. Aamiin”

Sampai saat ini aku selalu berdo’a seperti itu. Aku juga meminta kepada-Nya

“Ya Allah Yang Maha Membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku diatas agama-Mu”

Aku tahu imaan sifatnya naik turun, maka aku berdo’a dan meminta supaya aku terus istiqamah dijalan-Nya.

Ku beritahu satu hal yang sangat amat menakjubkan, bahwa do’a dan keyakinan adalah kunci keberhasilan. Ini sudah terjadi kepadaku. Dan ku ingatkan kepada kalian, berharaplah hanya kepada Allah SWT karena hanya kepada-Nya harapan yang kamu rapalkan dalam do’amu akan dikabulkan akan di buat nyata dan bahkan akan dilebihkan dari apa yang kamu harapkan.

“Tidak mengapa mereka tidak menyukai penampilanku, yang penting Allah suka dengan penampilanku. Aku akan tetap berpenampilan seperti yang diinginkan-Nya.”

Sekian kisah nyata hijrahku. Semoga kita semua selalu berada dalam jalan-Nya yang lurus menuju Jannah. Aamiin.
Sampai jumpa di kisahku selanjutnya….

Wassalamualaikum wr wb

Hijrah Adalah Pilihanku
4.9 (97.5%) 8 votes

0 comments
Profile Status
ACTIVE