Featured

Hijrah? Susah ya



Assalamualaikum ukhti, khaifa khaluk?
marilah kita bersukur kepada Allah terlebih dahulu karena telah diberikan kesempatan oleh Allah subhanahu wa taala sehingga kita masih bisa duduk dan allhamdulillah lagi membaca artikel tentang hijrah ini…

Hijrah.. sebuah kata yang mudah di ucapkan namun terasa sulit jika dilakukan. Banyak sekali godaan serta cobaan yang datang ketika kita memutuskan untuk hijrah dan kembali ke jalan Allah SWT.

 

Banyak kaum muslim yang memutuskan untuk hijrah, namun tak jarang jalan yang mereka lewati itu sangat berliku – liku. Ada sebagian orang yang berhasil berhijrah, ada juga yang hanya bisa sampai setengah berhijrah, dan banyak juga yang gagal untuk berhijrah dan memutuskan untuk berhenti berhijrah di tengah jalan.

Seperti itulah hijrah, susah susah gampang… Namun tetap kembali kepada diri sendiri, karena semua hal yang kita lakukan itu tergantung pada niatan yang kita punya. Begitu pula ketika kita memutuskan untuk hijrah, apakah niat kita sudah 100% atau hanya setengah – setengah saja, atau mungkin hijrah karena ingin terlihat shaleh/ shalehah untuk dipuji oleh orang – orang sekitar? Naudzubillah… Semoga niatan hijrah kita tidak seperti itu. Karena hijrah lah hanya untuk Allah saja, hijrah karena kecintaan kita kepada Allah SWT yang maha kuasa.

 

Ya seperti itulah ukhti…. Hidup itu seperti dan mirip – mirip kayak drama.. Pasti saja ada alur nya, ada jalannya, ya jalan yang telah Allah buat untuk kita. Entah lagi bahagia, sedih, marah, tertawa, menangis, kecewa dan ya masih banyak lagi. Episode demi episode selalu kita jalankan, pembuat episode dan skenari tersebut telah menyiapkan alur yang sedemikian rupa. Ya Allah lah yang membuat itu semua dan kita yang menjalan kan.

 

Hidupku berjalan indah bagiku, tanpa peduli apapun dan tanpa takut apapun. Takut? Sepertinya yang aku takutkan adalah aku tidak bisa terkenal layaknya artis artis hits masa kini

 

Namun, saat itu aku muak akan semua ini. Aku terus mencari suatu hal yang baru untuk hidup dan semangat yang baru. Tanpa sengaja aku menemukan sebuah jalan yang amat terang. Yang akhirnya membuatku sampai sekarang ini, pada titik ini.

 

Suatu ketika aku pernah bertanya pada hatiku sendiri, apa saja yang telah aku lakukan dari dulu hingga sekarang? Apakah semua itu bermanfaat? Apakah semua itu sudah membuat ku menjadi lebih baik? Apakah aku sudah berada dijalan Allah? Apakah aku sudah mengikuti semua perintah dari Allah SWT? Astagfirullahaladzim… Itu semua tidak aku lakukan… Naudzubillah, ak malah hanya mendekati larangan Allah dan menjauhkan diri daro perintah – perintah yang telah Allah berikan.

 

Hijrah… Ya hijrah.. Cuman 5 huruf aja kok! Sederhana bukan? Namun jangan salah sangka, kata hijrah tersebut sangat sudah dan sangat sulituntuk dijalankan. Sangat mudah di ucapkan, sangat mudah di rencanakan… Namun sangat sulit untuk dilaksanakan.

 

Lalu.. Kenapa harus takut dalam melaksanakan hijrah? Aku takut lisanku masih menyakiti perasaan orang lain. Aku takut kaki ku masih melangkah ke arah yang salah. Aku takut perilakuku bukan cerminan muslimah. Aku takut cara berpakaianku masih salah.

 

Namun, bukannya ketika sudah berjilbab, kita sudah dikatakan berhijrah? Apakah hijrah hanya sebatas penampilan? Tidak. Hijrah itu bukanlah hanya sekedar menutup aurat, namun hijrah itu lebih dari itu. ketika kamu telah memilih untuk berhijrah, itu juga artinya kamu sudah harus merubah perilaku dan juga perbuatan buruk yang kamu sudah lakukan di masa lalu. Karena kata kebanyakan orang jika kamu sudah menggunakan pakaian untuk menutup auratmu, maka lama kelamaan akhlak mu akan semakin baik juga jika kita melakukannya dengan sepenuh hati.

 

Mungkin terkadang perkataan mereka itu benar, dimana pakaian yang aku kenakan tidak sesuai dengan akhlak yang aku miliki. Seungguh, hijrahh… menyeimbangkan keduanya yaitu akhlak serta pakaian yang aku kenakan itu merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Dan terkadang, aku juga harus menetihkan air mata ketika aku harus menyeimbangkan keduanya. Banyak sekali cobaan, banyak sekali godaan. Memang untuk naik kelas menjadi lebih baik itu jalannya tidak pernah mulus. Ada saja hal yang akan mengganggu dan menggoyahkan iman yang telah kita miliki.

 

Goyah atau tidak nya iman kita pun tergantung kepada diri kita sendiri. Itu semua tergantung apakah kita berniat, bertekad, dan bersungguh – sungguh untuk tetap dan selalu berada dijalan Allah dan tetap berdoa memohon bantuan kepada Allah supaya selalu dikuatkan untuk melewati semua godaan dan cobaan yang menghadang kita ketika kita sedang berhijrah? Atau kita malah berbelok arah kepada hal duniawi bersama iblis – iblis yang justru menjauhkan kita dari Allah, membuat kita hilang arah dan justru terperangkap dalam neraka ketika kita mati nanti?

 

Itu semua tergantung dari kita. Hanya diri kita sendirilah yang bisa menentukan jalan mana yang akan kita pilih. Jalan mana yang akan kita lalui. Karena hidup juga adalah pilihan. Pilihan untuk tetap hijrah ke jalan Allah, atau hijrah ke jalan Iblis. Naudzubillah… Semoga kita selalu di dekatkan untuk hijrah ke jalan Allah.

Namun ketahuilah, disini aku masih terus belajar istiqomah dan belajar menyeimbangkan antara hijab dan akhlaq yang aku miliki. Karna bagi ku ini tidak mudah, maka tolonglah aku. Pendam semua celotehanmu tentang proses hijrahku yang sedang aku jalani ini. Simpan semua hinaanmu itu. Karena sesungguhnya kamu tidak tahu apa yang sedang aku jalani sekarang, dan kamu tidak merasakannya kecuali kamu melakukan hal yang sama seperti yang aku lakukan yaitu hijrah.

 

Dan ini lah hal tersulit dalam berhijrah… Ya, hal itu sudah jelas adalah Istiqomah. Istiqomah untuk tetap selalu berada dijalan Allah, istiqomah untuk benar – benar tulus dan ingin berhijrah karena kecintaan kita kepada Allah SWT. Namun disini juga aku akan terus berdoa dan berusaha. Semoga Allah memudahkan hijrah kita sahabat..

Semoga dengan kisah ku ini bisa memberikan inspirasi kepada sobat dije dan semua ukhti – ukhti yang sedang ingin hijrah atau juga sedang dalam proses hijrah. Cobaan dan godaan pasti akan selalu menghampiri kita. Namun percayalah saat kita sudah bisa melewati semua godaan dan cobaan yang ada, maka Allah pun akan memberikan hadiah yang sangat indah bagi kita. Hadiah yang Allah berikan sudah jelas yaitu surga – Nya di akhirat nanti. Namun, untuk kita yang masih di dunia, jelas Allah akan memberikan hadiah kepada kita dengan memperkaya hati dan juga iman kita. Allah pun akan memenuhi semua kebutuhan kita berdasarkan semua perbuatan dan juga usaha yang telah kita lakukan di dunia ini untuk mencapainya. Semoga dalam proses ini, aku dan sobat dije semua selalu Allah kuatkan agar bisa melewati semua godaan dan juga cobaan yang ada. Aamiin.

Assalamu’alaikum Sahabat Shalihah
Klik tombol love untuk menyukai artikelnya

Dengan menyukai, kalian telah membantu kami untuk menunjukan mana artikel terbaik. Jazakumullah Khairan Katsiran 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *