Artikel Islami

Untuk Apa dan untuk Siapakah Tujuan dari Ibadah yang Kita Lakukan?



Selamat siang sobat dije ^^ Kali ini dije akan membahas mengenai macam – macam tujuan beribadah kepada Allah. Beribadah kepada Allah merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat yang beragama terutama agama islam. Namun, banyak sekali ditemukan perbedan – perbedaan tujuan dalam beribadah kepada Allah yang bisa kita temui sekarang.

Beribadah kepada Allah dilakukan untuk mencapai surganya.

Menaati semua perintah dan menjauhkan semua larangan dari Allah SWT merupakan tugas utama kita sebagai umat Allah. Seperti di dalam hadist yang di riwayatkan oleh Imam Ahmad, Ibnu Majah, Al – Hakim, dan At – Tirmidzi bahwa Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam telah bersabda bahwa :

“Bahwa dimana sesunggugguhnya Allah SWT telah berfirman kepada umat-Nya, “Wahai anak – anak Adam! Beribadahlah sepenuhnya hanya kepada ku saja. Maka niscaya aku akan penuhi kebutuhan yang ada di hati mu dan juga di dalam dada mu dengan kekayaan dan aku akan penuhi kebutuhanmu. Jika tidak dilakukan maka niscaya tangan mu akan aku penuhi dengan kesibukan dan tidak akan aku penuhi kebutuhanmu.”

Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam dalam hadist diatas telah menjelaskan bahwa Allah SWT telah menjanjikan kepada manusia – manusia dan semua umat – Nya yang sepenuhnya hanya beribadah kepada – Nya akan Allah penuhi dengan dua hadiah dan sebaliknya bagi yang tidak melakukannya akan Allah berikan sepenuhnya dengan dua siksa. Dimana dua hadiah tersebut dijelaskan yaitu berupa  Allah SWT akan menghiasi hati orang yang taat beribadah kepada nya dan Allah SWT juga akan memberikan semua kebutuhannya. Sedangkan dua siksaan yang dimaksudkan adalah berupa dimana Allah akan memberikan kesibukan yang luar biasa kepada tangannya dan yang kedua oleh karena kesibukan tersebut maka orang tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhannya.

Dan juga satu lagi terdapat di dalam Hadist riwayat Imam Al- Hakim dimana Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam telah bersabda bahwa : “

“Bawasannya Rabb yang Maha suci dan juga Maha tinggi telah berfirman kepada umat – Nya, ‘Wahai kau anak Adam! Fokus dan teruslah beribdah kepada aku, karena niscaya aku akan selalu memenuhi hatimu dengan kekayaan iman dan tangannya mu akan aku penuhi dengan rezeki. Wahai anak Adam! Jangan lah engkau menjauhi aku, karena jika itu terjadi aku akan memenuhi hatimu dengan kekafiran dan juga aku akan memenuhi kedua tanganmu dengan kesibukan yang sesibuk – sibuknya.

Di dalam hadist yang sangat mulia dan menyentuh ini, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam yang mulia berbicara berdasarkan wahyu yang ia dapatkan ketika mendengar janji Allah, yang tak satupun lebih memenuhi janji daripada – Nya. Dua jenis pahala yang Allah SWT berikan bagi orang yang beribadah kepada Allah dengan sepenuh dan setulus dengan hatinya. Allah akan dan sudah pasti akan memenuhi hatinya dengan kekayaan dan juga tangannya dengan rezeki.

Seperti Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam juga sudah memberikan peringatan akan azab dan ancaman Allah kepada orang – orang yang menjauhi ibadah dan terutama menjauhi Allah SWT itu sendiri dengan dua jenis siksa dimana Allah SWT akan memberikan kekafiran dan kesibukan ke dalam kedua tangannya.

Semua sudah mengetahui siapa yang hatinya akan di penuhi oleh kekayaan atas permberian dari Allah SWT dan maka merekapun akan dijauhkan dari segala kemiskinan untuk selama – lamanya. Dan sebaliknya yang akan terjadi maka hati nya akan dipenuhi oleh ke kafiran dan dengan hal tersebut niscaya tidak ada seorang pun yang bisa membuatnya menjadi orang kaya selama – lama nya. Dan siapa yang disibukkan oleh Allah SWT maka niscaya tidak ada seorang pun yang bisa memberikan waktu luang kepada mereka. Karena ini semua adalah janji yang telah Allah SWT ucapkan kepada seluruh umat – Nya.

Assalamu’alaikum Sahabat Shalihah
Klik tombol love untuk menyukai artikelnya

Dengan menyukai, kalian telah membantu kami untuk menunjukan mana artikel terbaik. Jazakumullah Khairan Katsiran 🙂

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *