Tips untuk Megendalikan dan Menahan Perasaan Marah

Selamat siang sobat dije ^^, di siang hari ini dije akan membahas mengenai cara-cara untuk mengendalikan dan menahan perasaan marah. Perasaan marah ini sering timbul secara tiba-tiba dan kadang membuat diri menjadi jengkel sendiri. Dalam artikel ini dije akan memberikan tips-tips yang diharapkan bisa membantu sobat dije ketika sedang marah.

mengendalikan dan menahan marah

Marah itu senditi bisa ditimbulkan oleh banyak sekali faktor. Mungkin dari orang-orang tedekat kita yang membuat kita marah, atau mungkin rekan kerja, dan lain-lain. Perasaan marah itu sediri terkadang bisa membaut hari yang tadinya kita rasakan indah akan berubah 180 derajay menjadi hari yang buruk. Itu semua pun tergantung dari diri kita sendiri untuk memandang perasaan marah yang ada di dalam diri kita tersebut.

Terkadang juga ada beberapa orang yang tidak bisa mengendalikan dan menahan perasaan marah mereka sehingga mereka terkadang melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji dan juga merugikan orang lain dan bahkan diri nya sendiri.

Maka dari itu, dije akan memberikan beberapa tips buat sobat dije semua untuk mengendalikan dan menahan marah. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengendalikan dan menahan rasa marah di dalam diri kita. Seperti dalam HR. Ahmad yang berbunyi, “Bahwa sesungguhnya jika seseorang di antarak kalian sedang marah saat ia sedang berdiri, maka hendaklah di untuk duduk. Namun apabila perasaan marah yang ia rasakan tidak kunjung mereda, maka hendaklah ia membaringkan dirinya”.

Yuk mari sobat dije kita lihat cara-cara apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan dan menahan marah, diantaranya adalah :

  1. Megendalikan dan menahan marah yang ada dengan Hati

Hal ini bisa dilakukan dengan cara kita yakin bahwa semua yang telah terjadi didalam hidup kita ini adalah sudah atas izin dari Allah SWT. Percayalah bahwa selalu ada hikmah yang bisa di petik dari setiap kejadian apapun yang Allah SWT akan berikan kepada kita.

Selalu menyiapkan hati kita untuk selalu menerima kekurangan dari diri sendiri maupun orang lain. Selain itu, selalu berdoa, bersikap sabar, dan juga ridho juga harus selalu kita lakukan karena percayalah Allah akan selalu memberikan yang terbaik dan lebih baik jika kita bisa melewati semua cobaan yang ada. Dan yang terkahir berilah maaf kepada orang yang telah menyakiti kita/ membuat kita marah dan berdoalah kepada Allah SWT doakan lah orang tersebut agar menjadi lebih baik dan selalu dekat dengan Allah SWT.

  1. Mengendalikan dan menahan marah dengan lisan

Mengendalikan dan menahan marah dengan lisan bisa kita lakukan dengan cata manahan diri kita untuk tidak mengatakan hal-hal yang keji atau kotor atau hal-hal yang dapat menyakiti orang lain ketika kita marah. Karena Rasulullah SAW sesungguhnya pernah bersabda kepada kita dalam HR. Ahmad yang berbunyi, “Ajari, permudah, dan janganlah menyusahkan. Karena apabila satu dari antara kalian sedang marah, hendaklah ia dia.” Selain itu berlindung lah kepada Allah SWT ketika kita merasa marah. Seperti yang tertera didalam HR. Ibu ‘Adi dalam Al-Kaamil yang berbunyi “‘A’uudzubillah” yang memiliki arti “aku berlindung kepada Allah SWT, maka niscaya akan reda amarahnya.”

  1. Mengendalikan dan menahan marah dengan perbuatan

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menahan diri kita untuk melakukan tindakan yang nanti nya akan merugikan orang lain bahkan diri kita sendiri.

Selain itu kita juga bisa mengubah posisi kita ketika kita sedang marah. Mengubah posisi kita pada saat kita marah itu sendiri merupakan petunjuk yang di berikan dan merupakan perintah para nabi. Selain itu kita juga diharuskan untuk segera berwudhu dan juga mandi. Seperti yang tertulis di dalam HR. Ahmad dan Abu Dauh  “Bahwa sesungguhnya marah itu adalah setan. Setan diciptakan dari api. Dan api itu bisa dipadamkan oleh air. Maka dari itu apabila kita sedang marah maka hendaklah kita berwudhu dan mandi”.

Nah itu lah sobat dije beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengendalikan dan menahan marah. Karena terkadang orang yang sedang marah itu pasti diliputi oleh emosi dan juga amarah yang kadang bisa menyesatkan orang yang sedang marah tersebut. Karena perlu kita ketahui juga bahwa orang yang sedang marah itu pasti orang yang sedang dikuasai oleh setan. Setan inilah yang akan menjerumuskan kita untuk melakukan hal-hal yang menyesatkan dan bahkan akan merugikan. Maka dari itu semoga tips-tips untuk mengendalikan dan menahan marah marah itu bisa kita implementasikan kedalam hidup kita. Supaya walaupun kita sedang marah kita tetap bisa selalu berada di jalan Allah SWT.

Percayalah sobat dije, jika kita melakukan hal-hal diatas dengan sepenuh hati, niscaya kita juga akan selalu dihindarkan dari perasaan marah. Karena sesungguhnya Allah SWT selalu berada dan bersama dengan orang yang sabar dalam menghadapi segala hal dan selalu mengandalkan Allah SWT dalam hal apapun.

Semoga Allah SWT selalu bersama kita semua dalam segala hal ya sobat dije. Dan semoga mulai sekarang juga kita bisa mengendalikan dan menahan marah kita ya setelah membaca artikel ini.

Tips untuk Megendalikan dan Menahan Perasaan Marah
5 (100%) 1 vote

Profile Status
ACTIVE