Ta’aruf dan Suara Hati Para Lelaki

0

Ta’aruf dan Suara Hati Para Lelaki

Kolaborasi oleh: @kartun.muslimah & @duniajilbab | Ilustrasi oleh: @ayhumaeni
Yuk bantu jaga hati mereka dengan cara menjaga hati, akhlak dan penampilan kita. Termasuk bersikap tegas menjaga interaksi dan jarak hingga menutup peluang dan harapan sekecil apapun bagi para lelaki untuk mendekatimu.

pacaran dalam islam, hukum pacaran dalam islam

ta’aruf menurut islam

Kecuali kalau niat mereka karena ingin serius, ingin berta’aruf (saling mengenal) dengan cara yang baik dan sesuai syari’at, silakan. Tapi hati-hati juga ya, karena banyak lelaki yang suka modus dengan embel ta’aruf. Padahal mah niatnya ga serius, cuma mau main-main aja. Nah, supaya ukhti sekalian nggak kena modus kaya gitu, perhatikan syarat2 ta’aruf yang syar’i berikut yuk:

  1. Melibatkan perantara atau pihak ketiga. Bisa ustadz/ ah, teman yang sudah menikah, kakak/ saudara, atau orangtua langsung. Karena kalau proses ta’aruf berdua, apa bedanya dengan pacaran?
  2. Mengenalkan data diri melalui biodata dan foto. Jadi ta’aruf bukan kaya wawancara tatap muka, cukup tulis data diri lalu saling menukar biodata lewat perantara tadi. Kalau mau melihat bisa mengamati si dia dari jauh.
  3. Jangka waktu singkat. Memang terdapat beberapa pendapat mengenai rentang waktu yang tepat untuk berta’aruf, namun yang jelas: Ta’aruf tidak boleh berlama-lama. Ketika sudah saling tukar informasi data diri, segera putuskan melalui istikharah dan minta pendapat dari pihak keluarga. Kalau cocok ya lanjut, kalau kurang cocok bisa mundur. Karena ta’aruf sifatnya baru pengenalan, belum ada ikatan apapun.

Intinya, pria yang serius akan segera mendatangi atau menemui orang tua atau walimu, ukhti. Kalau sang pria banyak alasan, hampir bisa dipastikan bahwa ia gak serius dengan ukhti. Ia hanya sekedar main-main atau lebih buruknya, memuaskan nafsu sesaat saja. Jangan sampai ukhti jadi korban pria semacam ini ya.

Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam benak ukhti selama ini. Keep istiqomah! ^^

Ta’aruf dan Suara Hati Para Lelaki
4.57 (91.39%) 72 votes

Profile Status
ACTIVE
Artikel ini sudah dilihat 28659 kali
Share.