Artikel Islami

Sunnah yang Selalu dilakukan Oleh Rasulullah SAW



Selamat siang sobat dije, pada siang hari ini dije akan membahas mengenai Sunnah Rasulullah. Beberapa dari Sunnah Rasulullah akan kita bahas dalam artikel ini karena Rasulullah sendiri merupakan teladan yang terbaik yang ada di dunia yang telah Allah SWT ciptakan ini. Rasulullah sendiri merupakan guru yang harus kita ikuti perilaku semasa hidupnya dan juga serta semua amalan serta ahlak – ahlak yang dimilikinya.

Rasulullah SAW sendiri merupakan seorang manusia pilihan yang Allah pilih di muka bumi untuk menuntun kita menuju surga dari Allah SWT. Rasulullah bisa menuntun kita untuk senantiasa menjadi umat dari Allah SWT yang sangat taat kepada ajaran – ajaranNya dan juga menghindari diri dari semua larangan – larangannya. Maka dari itu, apabila kita mengingkan keselamatan dan ingin berada di sisi Allah SWT pada saat di akhirat nanti maka hendaklah kita hidup seperti Rasulullah SAW. Bagaimana sih cara Rasulullah SAW bisa menjadi manusia pilihan di dunia ini?

Rasulullah sendiri melakukan Sunnah – sunnah yang sudah menjadi kewajiban yang bisa menjadikan hidup kita di dunia lebih berarti dan juga lebih bermakna dan bisa lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Yuk mari sekarang kita bahas apa saja sih Sunnah Rasulullah yang paling utama dan wajib kita lakukan sehari hari supaya hidup kita bisa selalu berada di jalan Allah dan juga tidak pernah jauh dari Allah sampai hari dimana kita mati nanti.

Shalat Tahajud

Shalat tahujud merupakan Sunnah Rasulullah yang pertama yang Rasulullah SAW lakukan. Shalat tahajud sendiri selalu dilakukan oleh semua rasul dan juga nabi. Para ulama salaf juga tidak pernah meninggalkan shalat tahajud mereka. Allah SWT pun berfirman kepada umat – Nya bahwa : “Pada sebagaian dari malam hari dengan melakukan tahajud sebagai ibadah tambahan bagi mu. Mudah – mudahan Tuhan Mu mengangkat dan membawa my ke dalam tempat yang terpuji” (Al-Israa : 79)

Membaca Al-Qur’an bersama dengan terjemahannya

Al-Qur’an merupakan kitab suci dari agama Islam dimana Al-Qur’an itu sendiri berisi dari petunjuk dan juga dikatakan sebagai sumber kehidupan dan landasan untuk kita melakukan hal di dalam hidup kita di dunia ini. Membaca Al-Qur’an ataupun melakukan kegiatan tadarus itu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena dalam tadarus itu kita bukan hanya diajak untuk membaca namun kita juga diajak untuk memahami, menghayati, dan melakukan yang tertulis di dalam Al-Qur’an itu. Dengan mengamalkan dan melakukan perbuatan – perbuatan seperti yang telah di tulis di dalam Al-Qur’an maka Insyaa Allah… Kita bisa semakin dekat dengan Allah SWT.

Memakmurkan Masjid atau Melakukan Kegiatan Shalat Subuh di Masjid

Masjid sendiri merupakan rumah dari Allah SWT yaitu tempat suci bagi orang – orang yang selalu senantiasa mensucikan dirinya dari lahir maupun batinnya. Masjid merupakan tempat untuk menggembleng pengalaman – pengalaman spiritual dan juga rohani yang pernah kita rasakan. Masjid juga bisa membantu kita untuk leboh mengkokohkan iman dan juga tauhid kita. Masjid juga merupakan tempat tinggal bagi mi’raj nya orang – orang yang beriman kepada Allah SWT.

Shalat Dhuha

Shalat dhuha merupakan shalat rahasia yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW. Setiap amalan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW pasti selalu mengandung rahasia di dalamnya. Walaupun terkadang akal dan kemampuan kita tidak bisa memahami dan mengetahui rahasia tersebut tapi selalu paercayalah bahwa pada saatnya nanti kita semua akan tahu dan mengerti akan amalan dari shalat dhuha yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ini sendiri.

Assalamu’alaikum Sahabat Shalihah
Klik tombol love untuk menyukai artikelnya

Dengan menyukai, kalian telah membantu kami untuk menunjukan mana artikel terbaik. Jazakumullah Khairan Katsiran 🙂

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *