Sunnah yang Selalu dilakukan Oleh Rasulullah SAW

Selamat siang sobat dije, pada siang hari ini dije akan membahas mengenai Sunnah Rasulullah. Beberapa dari Sunnah Rasulullah akan kita bahas dalam artikel ini karena Rasulullah sendiri merupakan teladan yang terbaik yang ada di dunia yang telah Allah SWT ciptakan ini. Rasulullah sendiri merupakan guru yang harus kita ikuti perilaku semasa hidupnya dan juga serta semua amalan serta ahlak – ahlak yang dimilikinya.

sunnah rasulullah

Rasulullah SAW sendiri merupakan seorang manusia pilihan yang Allah pilih di muka bumi untuk menuntun kita menuju surga dari Allah SWT. Rasulullah bisa menuntun kita untuk senantiasa menjadi umat dari Allah SWT yang sangat taat kepada ajaran – ajaranNya dan juga menghindari diri dari semua larangan – larangannya. Maka dari itu, apabila kita mengingkan keselamatan dan ingin berada di sisi Allah SWT pada saat di akhirat nanti maka hendaklah kita hidup seperti Rasulullah SAW. Bagaimana sih cara Rasulullah SAW bisa menjadi manusia pilihan di dunia ini?

Rasulullah sendiri melakukan Sunnah – sunnah yang sudah menjadi kewajiban yang bisa menjadikan hidup kita di dunia lebih berarti dan juga lebih bermakna dan bisa lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Yuk mari sekarang kita bahas apa saja sih Sunnah Rasulullah yang paling utama dan wajib kita lakukan sehari hari supaya hidup kita bisa selalu berada di jalan Allah dan juga tidak pernah jauh dari Allah sampai hari dimana kita mati nanti.

  1. Shalat Tahajud

Shalat tahujud merupakan Sunnah Rasulullah yang pertama yang Rasulullah SAW lakukan. Shalat tahajud sendiri selalu dilakukan oleh semua rasul dan juga nabi. Para ulama salaf juga tidak pernah meninggalkan shalat tahajud mereka. Allah SWT pun berfirman kepada umat – Nya bahwa : “Pada sebagaian dari malam hari dengan melakukan tahajud sebagai ibadah tambahan bagi mu. Mudah – mudahan Tuhan Mu mengangkat dan membawa my ke dalam tempat yang terpuji” (Al-Israa : 79)

  1. Membaca Al-Qur’an bersama dengan terjemahannya

Al-Qur’an merupakan kitab suci dari agama Islam dimana Al-Qur’an itu sendiri berisi dari petunjuk dan juga dikatakan sebagai sumber kehidupan dan landasan untuk kita melakukan hal di dalam hidup kita di dunia ini. Membaca Al-Qur’an ataupun melakukan kegiatan tadarus itu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena dalam tadarus itu kita bukan hanya diajak untuk membaca namun kita juga diajak untuk memahami, menghayati, dan melakukan yang tertulis di dalam Al-Qur’an itu. Dengan mengamalkan dan melakukan perbuatan – perbuatan seperti yang telah di tulis di dalam Al-Qur’an maka Insyaa Allah… Kita bisa semakin dekat dengan Allah SWT.

  1. Memakmurkan Masjid atau Melakukan Kegiatan Shalat Subuh di Masjid

Masjid sendiri merupakan rumah dari Allah SWT yaitu tempat suci bagi orang – orang yang selalu senantiasa mensucikan dirinya dari lahir maupun batinnya. Masjid merupakan tempat untuk menggembleng pengalaman – pengalaman spiritual dan juga rohani yang pernah kita rasakan. Masjid juga bisa membantu kita untuk leboh mengkokohkan iman dan juga tauhid kita. Masjid juga merupakan tempat tinggal bagi mi’raj nya orang – orang yang beriman kepada Allah SWT.

  1. Shalat Dhuha

Shalat dhuha merupakan shalat rahasia yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW. Setiap amalan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW pasti selalu mengandung rahasia di dalamnya. Walaupun terkadang akal dan kemampuan kita tidak bisa memahami dan mengetahui rahasia tersebut tapi selalu paercayalah bahwa pada saatnya nanti kita semua akan tahu dan mengerti akan amalan dari shalat dhuha yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ini sendiri.

  1. Bersedekah

Bersedekah merupakan hal yang sangat disukai oleh Allah SWT. Allah SWT sangat menyukai orang yang suka bersedekah dengan ikhlas atas apa yang tlah ia miliki. Dengan kita bersedekah malaikat pun akan mendoakan kita. Karena malaikat juga senang dengan orang yang suka bersedekah, dan malaikat akan mendokan orang yang suka bersedekah setiap hari. Seseorang yang disebut mukmin sesungguhnya merupakan seseorang yang sudah bersedekah. Maka dari itu Rasulullah pun mengajak kita untuk mencari rezeki dengan cara bersedekah. Demikian juga dengan hal bertaubat, bertaubat lah dengan cara bersedekah. Dan juga jika kita sakit hendaklah kita bersedekah. Karena bersedekah itu sendiri adalah obat dan juga memiliki keajaiban yang begitu banyak dan nyata. Banyak sekali ayat – ayat di dalam Al-Qur’an yang mengatakan dan meyuruh kita untuk melakukan sedekah. Bersedekah itu sendiri merupakan tanda dari orang – orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah jika bersedekahnya itu dilakukan dengan benar dan dengan sepenuh hatinya.

  1. Menjaga selalu Wudhu karena Allah selalu Menyayangi Orang – orang yang Menjaga Wudhu nya

Rasulullah SAW selalu dan senantiasa dalam keadaan wudhu dalam keadaan apapun. Jika batal dalam melakukan wudhu maka lakukan lagi wudhu dan jangan sampai kita meninggalkan wudhu kita. Karena wudhu merupakan kebutuhan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT itu sendiri. Jika kita senantiasa dalam keadaan wudhu makan Insyaa Allah kita akan selalu di jauhkan dari hal – hal dan juga dosa – dosa duniawi yang selalu membawa kita ke dalam panasnya api neraka.

Ali bin Abu Thalib juga pernah mengatakan bahwa orang – orang yang selalu berwudhu ia akan selalu merasakan dalam keadaan shalat meskipun sesungguhnya ia sedang tidak shalat. Selain itu orang yang selalu dalam keadaan wudhu juga akan selalu di jaga oleh malaikat dengan dua doa yaitu doa untuk di ampuni dan juga doa sayangi dia ya Allah.

  1. Selalu Mengamalkan Istigfar Setiap Saat

Dengan selalu mengamalkan istigfar disetiap saat nya, maka masalah – masalah yang akan terjadi akibat dosa – dosa yang kita lakukan Insyaa Allah akan selalu dan senantiasa Allah juahkan dari diri kita yang selalu beristigfar kepada Allah SWT. Ketika kita ingin dan akan melakukan hal apapun kita haruslah dalam keadaan beristigfar. Karena orang – orang yang kuat istigfarnya akan memiliki insting dan kecenderungan rahmat yang sangat kuat yag bisa bermanfaat untuk membahagiakan orang lain bahkan mahluk lain itu sendiri. Selain itu orang – orang yang selalu istigfar juga hidupnya dipenuhi oleh keutamaan – keutamaan dan memiliki firasat yang tajam dan juga doanya yang sangat mustajab.

Gimana sobat dije artikel mengenai Sunnah Rasulullah yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW? Semoga kita sebagai umat Allah SWT bisa melakukan Sunnah Rasulullah tersebut. Semoga dengan Sunnah Rasulullah ini juga kita bisa hidup seperti Rasulullah SAW dan semoga kita juga selalu di dekatkan dengan surga – Nya. Inysaa Allah jika dilakukan dengan sepenuh hati dan juga tekad dan niat yang kuat Sunnah Rasulullah ini akan membuat hidup kita menjadi lebih baik lagi dan lebih bermakna sehingga kita bisa menjadi salah satu umat pilihan Allah SWT.

Sunnah yang Selalu dilakukan Oleh Rasulullah SAW
1.5 (30%) 2 votes

Profile Status
ACTIVE