Artikel Islami

Meneladani Kemuliaan Maryam binti Imran



“Dan Ingatlah ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).” QS.Ali Imran: 42.

Kemuliaan maryam, putri dari Imran dan Hannah binti Faqqudz. Merupakan sosok panutan semua muslimah yang kuat mempertahankan ketaatan kepada Allah SWT selama hidupnya. Salah satu dari empat pemuka wanita dari Surga. Dari Aisyah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “pemuka wanita ahli surga ada empat: Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah, Khadijah binti Khuwalid, dan Asiyah.” (HR. Hakim 4853).

Maryam sangat menjaga kesucian dirinya. Meskipun Maryam memiliki naluri layaknya wanita pada umumnya; yaitu memiliki ketertarikan dengan lawan jenis, namun ia tidak sembarangan berdekatan dengan selain mahramnya. Maryam adalah wanita shalihah yang selalu menjaga diri dari gangguan laki-laki.

Suatu ketika Malaikat Jibril datang kepada Maryam dengan rupa laki-laki yang sempurna fisiknya. Allah SWT berfirman “Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus ruh Kami (Jibril) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna. Maryam berkata: “Sesungguhnya aku berlindung dari padamu kepada Tuhan Yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa” (QS. Maryam: 17-18).

Kedatangan Jibril tidak lantas menggoyahkan keteguhan dan kemuliaan Maryam untuk menjaga diri. Ia tetap menjaga diri dan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Hingga akhirnya Jibril berkata sesuai yang tertera dalam surat Maryam ayat 19 yang artinya “Ia (jibril) berkata: Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”. Setelah Jibril mengatakan maksud yang sebenarnya, barulah Maryam paham bahwa laki-laki tersebut tidak akan mengganggunya. Ternyata ia adalah Malaikat utusan Allah untuk bertemu Maryam.

Kisah ini dapat menjadi teladan bagi para muslimah dimanapun berada. Senantiasalah menjaga diri dan menghindari gangguan laki-laki. Karena salah satu kemuliaan seorang wanita adalah rasa malu nya. Karena itu berusahalah sebaik mungkin dalam menjaga diri. Karena sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah.

Assalamu’alaikum Sahabat Shalihah
Klik tombol love untuk menyukai artikelnya

Dengan menyukai, kalian telah membantu kami untuk menunjukan mana artikel terbaik. Jazakumullah Khairan Katsiran 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *